Harian Dewata

Vaksin Covid-19 Aman untuk Anak

Pemerintah secara resmi telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk  anak usia 6-11 tahun sejak Selasa, 14 Desember 2021, dengan jumlah sasaran sekitar 26,5 juta anak.

Anggota Satgas Imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Indonesia), Cissy RS Prawira Kartasasmita, pada  keterangan pers dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Selasa (21/12/2021)  mengatakan bahwa meskipun bergejala ringan jika terkena virus, namun anak-anak rentang usia  tersebut tetap harus mendapat perhatian. Hal ini karena gejala bisa memberat dan berdampak  serius. Karena itu, vaksinasi untuk anak 6-11 tahun tetap dipandang perlu.

“Angka kasus Covid-19 pada anak meningkat pada tahun kedua apalagi dengan adanya varian baru  Delta dan Omicron sehingga anak perlu mendapatkan perlindungan, salah satunya dengan  vaksinasi,” ujarnya.

Ketua Pokja Imunisasi PERALMUNI ini menegaskan, anak perlu divaksinasi meskipun bila terkena  Covid-19 umumnya bergejala ringan. “Meski bergejala ringan namun juga bisa menimbulkan  komplikasi berat yang bisa meninggalkan bekas pada anak, terutama bila terjadi gangguan organ,”  tegas Cissy seraya menambahkan, dengan vaksinasi maka anak akan lebih kuat imunitasnya, kalau  pun terkena Covid-19 maka gejalanya lebih ringan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.