Harian Dewata

Stimulus Usaha Kecil Gerakkan Ekonomi Nasional

Presiden Joko Widodo kembali memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kemarin, bantuan modal kerja diberikan kepada sejumlah pelaku usaha mikro dan kecil yang berdomisili di Bogor, Jawa Barat. Bantuan sebesar Rp2,4 juta itu diserahkan langsung oleh Presiden kepada tiap-tiap penerima manfaat di Istana Kepresidenan, Bogor.

Jokowi meminta bantuan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, yakni untuk menambah modal usaha.

Di tengah pandemi, situasi ekonomi memang menjadi sangat tertekan. Pembatasan sosial yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir telah membuat berbagai aktivitas produksi dan konsumsi terganggu.

Namun, ia meminta masyarakat di Tanah Air tetap bersyukur. Pasalnya, banyak negara lain yang mengalami keterpurukan lebih parah daripada Indonesia

Kepala Negara juga meminta seluruh masyarakat untuk terus berjuang karena berdasarkan data yang dikumpulkan, tren perekonomian pada Juli mulai merangkak naik, lebih baik daripada Mei dan Juni.

Pemberian bantuan modal kerja kali ini ialah yang keempat yang disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi. Secara total, pemerintah akan menggelontorkan dana sebesar Rp28 triliun untuk dibagikan kepada 12 juta pedagang kecil, baik asongan, kaki lima, keliling, maupun rumahan.

Tiap-tiap pedagang akan memperoleh bagian sebesar Rp2,4 juta yang diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha. Direktur CoRE Indonesia, Mohammad Faisal, mengatakan bantuan modal kerja untuk para pelaku usaha mikro merupakan langkah yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.