Harian Dewata

Satgas COVID-19: Vaksinasi Booster Beri Perlindungan dari BA.4 dan BA.5

Animo masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi booster atau dosis ketiga COVID-19 tidak setinggi saat dosis pertama dan kedua. Padahal, vaksinasi booster bisa melindungi seseorang dari varian virus SARS-CoV-2 termasuk BA.4 dan BA.5 yang kini sudah bertransmisi di Tanah Air.

“Masyarakat perlu memahami bahwa divaksin booster merupakan semata-mata agar kita terutama kelompok berisiko lebih terlindungi dari penularan virus termasuk varian baru,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito.

Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah terus berusaha untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 termasuk vaksin booster ke setiap daerah agar stok aman. Sosialisasi aktif tentang vaksinasi booster juga tetap dilakukan di tengah masyarakat.

Beragam upaya sudah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan vaksinasi booster. Salah satunya adalah wajib sudah divaksinsi booster bagi 18 tahun ke atas bila mengikuti kegiatan berskala besar yang melibatkan lebih dari seribu orang.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

“Salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi booster adalah dengan menerapkan wajib vaksin untuk berkegiatan sebagaimana yang saya jelaskan sebelumnya,” kata Wiku dalam konferensi pers 21 Juni 2022 sore.

Bila menilik data capaian vaksinasi COVID-19 di Indonesia, kemarin bertambah 206.497 orang yang mendapatkan suntikan dosis ketiga. Akumulasinya adalah sudah ada 49.342.174 orang yang sudah mendapatkan booster. Namun, angka ini masih jauh dibandingkan capaian dosis lengkap (vaksinasi dosis 1 dan 2) yang sudah 168.590.045.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *