Harian Dewata

Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Pelaksanaan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus siap mensukseskan pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, 9 – 11 Mei 2023 melalui penyaluran BBM baik untuk konsumsi transportasi darat maupun udara. 

Unit Manager Comm, Rel & CSR Ahad Rahedi mengatakan bahwa Pertamina memiliki storage penopang yakni Terminal BBM Reo dengan kapasitas sebesar 4.600 Kilo Liter (KL). Dengan rerata konsumsi harian BBM sebesar 54 KL untuk gasoline/bensin, dan 40 KL untuk gasoil/jenis kendaraan bermesin diesel, stok tersebut sangat aman.

“Kami telah melakukan proyeksi dan kalkulasi, selama periode pelaksanaan KTT ASEAN, konsumsi BBM diperkirakan akan naik sebesar 30% di SPBU sehingga kami akan melakukan pengamanan dengan build up stok BBM sampai dengan 40% diatas konsumsi yang diperkirakan,“ ujar Ahad.

Sebagai supply point avtur untuk melayani penerbangan internasional dan kepresidenan, terdapat Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Komodo yang berlokasi di Bandara Komodo yang setiap harinya rata-rata melayani 27,4 KL/hari untuk pengisian Avtur bagi penerbangan. Selain itu disiapkan juga DPPU El Tari Kupang, DPPU BIL Lombok dan DPPU Ngurah Rai Bali, DPPU Bima, DPPU Maumere, dan DPPU Tambolaka untuk supply point penunjang pesawat Delegasi, TNI dan SAR. 

Sama seperti BBM, konsumsi avtur diperkirakan juga akan mengalami kenaikan sebesar 30%. Untuk itu telah disiapkan cadangan stok diatas konsumsi yang diperkirakan guna melayani kebutuhan pesawat delegasi dari negara-negara yang akan hadir pada KTT ASEAN. Selain itu, personil DPPU Komodo telah tersertifikasi dalam pengisian bbm ke pesawat udara secara internasional termasuk untuk pesawat udara kepresidenan/delegasi.

“Dari kesiapan tersebut  kebutuhan energi di Labuan Bajo dipastikan akan tercukupi dan aman guna memberikan pelayanan yang maksimal untuk mendukung kegiatan KTT ASEAN. Semua layanan baik di penerbangan maupun di SPBU kita pastikan dalam keadaan prima,” ujar Ahad.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *