Harian Dewata

Penanganan Covid-19 di Indonesia Menuai Pujian dari Negara Lain

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa penanganan Covid-19 di Indonesia menuai pujian dari negara G20. Indonesia dinilai berhasil menurunkan angka kasus Covid-19 dalam waktu yang cepat.

Budi mengatakan, pujian itu diutarakan dalam pertemuan Menteri Kesehatan G20 yang digelar di Roma, Italia sejak tanggal 5 hingga 6 September 2021.

“Untuk mengatasi pandemi mereka puji juga, ‘Oh akhirnya turunnya hebat sekali’. Tapi saya dengan kerendahan hati bilang ya sebagian turunnya itu karena memang tim kita seluruh Indonesia bekerja keras,” cerita Budi dalam webinar Peran Kesehatan Respirasi Selama 76 Tahun Indonesia Merdeka yang disiarkan melalui YouTube RSUP Persahabatan, Kamis (9/9).

Selain itu, lanjutnya, negara G20 juga turut memuji laju vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza bahkan kaget Indonesia telah berhasil menyuntikkan 108 juta dosis vaksin Covid-19 kepada 69 juta orang Indonesia.

“Jadi yang kaget pertama kali adalah Menteri Kesehatan Italia karena dia penduduknya 57 juta. Jadi kita sudah menyuntik ke lebih banyak orang dibandingkan Italia,” ujarnya.

Bahkan, negara G20 sempat bertanya apakah Indonesia mempunyai pabrik vaksin Covid-19 sehingga bisa mempercepat proses vaksinasi. Kepada mereka, Budi menjelaskan bahwa Indonesia tidak memiliki pabrik vaksin Covid-19.

Namun, Indonesia melobi semua produsen vaksin Covid-19 di dunia sehingga mendapatkan banyak stok vaksin. “Saya terima kasih juga karena beberapa negara di Eropa menyumbang ke kita cukup banyak vaksin. Jadi total vaksin yang sudah kita terima dari donasi mungkin hampir 40 juta dosis,” jelasnya.

Meski kasus terkonfirmasi positif di Tanah Air mulai menurun dan vaksinasi Covid-19 terus berjalan, Budi mengimbau semua pihak tidak berpuas diri. Mantan Wakil Menteri BUMN ini mengingatkan, testing dan tracing harus terus ditingkatkan untuk mendeteksi dini kasus Covid-19. Jika kasus terdeteksi lebih awal, maka lonjakan Covid-19 bisa dihindari.

Whole genome sequencing juga harus terus digencarkan untuk mendeteksi varian baru Covid-19 di Indonesia maupun varian baru dari luar negeri.

“Jadi kalau saya bilang sih alhamdullilah sekarang kita sedang turun tapi belajar dari pengalaman sebelumnya ini bukan saatnya berbangga hati. Kita harus rendah hatilah dan benar-benar tetap waspada karena kita nggk tahu ini virusnya benar-benar unpredictable,” tandasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *