Harian Dewata

Panitia PON 2021 Sebut Sebagian Besar Arena Pertandingan Siap Digunakan

Sekretaris Umum (Sekum) Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Elia Loupatty mengatakan sebagian besar arena pertandingan sudah siap untuk digunakan untuk uji coba pertandingan pada Juni 2021 mendatang.

Elia mengatakan, saat ini, hanya arena yang sifatnya sementara yang masih belum dibangun karena dikhawatirkan rusak, sehingga arena itu akan dibangun dalam waktu dekat menjelang pelaksanaan PON.

“Temporary (sementara) karena tidak bisa dibangun jauh-jauh hari karena dikhawatirkan rusak,” kata Elia seperti dilansir dari Antara, Jumat (28/5/2021).

Menurut dia, salah satu tempat yang masih dalam proses adalah arena Rugbi.

Ia menyebut, saat ini arena untuk pertandingan Rugbi masih ditangani oleh Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua.

Dia juga menjelaskan, pembangunan arena rugbi memiliki teknik-teknik tersendiri, misalnya penggunaan rumput sintetis sehingga tidak memakan waktu lama dalam menyiapkannya.

“Lalu pada dasarnya semua venue bisa digunakan publik setelah even dilaksanakan, namun hal ini harus disesuaikan pengelolaannya oleh pemerintah daerah,” ucap dia.

Elia pun mengimbau agar keamanan dan ketertiban masyarakat harus terus dijaga sehingga Papua dapat menjadi tuan rumah yang baik serta dapat menyukseskan PON XX 2021.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah merencanakan PON XX tahun 2021 digelar di Papua.

Kegiatan PON akan digelar di tengah situasi pandemi Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan PON XX akan digelar bersamaan dengan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-16.

Kedua acara tersebut akan digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021 di Papua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *