Harian Dewata

Pandemi Berkepanjangan, Pemerintah Bakal Terus Salurkan Bansos untuk Masyarakat

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebut bahwa virus corona kemungkinan akan hidup cukup lama dengan masyarakat Indonesia. Artinya, kondisi yang sama saat ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Staf Ahli Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo mengatakan, pemerintah akan terus bertanggung jawab dalam menjamin berbagai bantuan sosial (bansos) dan insentif pajak yang tetap diberikan. Terutama bagi kelompok rentan yang terdampak pandemi Covid-19.

“Mau insentif, bansos itu kan skemanya juga gotong royong, yang kita bantu ini kelompok yang paling rentan dulu,” kata Yustinus saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Selasa (10/8).

Kata Yustinus, negara akan bertanggung jawab akan hal tersebut dan tidak akan lepas tangan. Ada tidak ada uang negara, Pemerintah akan mengusahakan agar masyarakat bisa terjamin hidupnya.

“Apapun resikonya, dalam satu kondisi itu harus bertanggung jawab, prinsipnya kalau enggak ada duit, tetap harus diupayakan,” kata dia.

Terlebih dalam prinsip pengelolaan negara ini dilakukan secara gotong royong. Bansos atau insentif pajak akan diberikan bagi mereka yang memang membutuhkan suntikan dana atau relaksasi pajak. Sementara bagi pengusaha yang tidak berdampak harus ikut ulur tangan bersama pemerintah untuk mengatasi kondisi yang serba sulit ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *