Harian Dewata

Menhub Nilai Pelabuhan Sanur Punya Peluang Ekonomi Tinggi untuk Bali

Menteri Perhubungan RI melakukan pemeriksaan progres pembangunan Pelabuhan Sanur di Bali.

Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Sanur, Menhub Budi Karya Sumadi menilai bahwa infrastruktur laut di Bali ini akan berpeluang besar bagi peningkatan ekonomi.

Pasalnya Pelabuhan Sanur akan terkoneksi dengan 2 pelabuhan lainnya yang menghubungkan daratan Bali sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan adanya dermaga.

Sebelumnya, para wisatawan harus turun ke pantai sebelum naik ke kapal, sedangkan dengan adanya dermaga maka kenyamanan dan keamanan perjalanan lebih memuaskan.

“Secara makro, Bali ini tujuan wisata, katakanlah sekarang jumlah hari yang digunakan wisatawan 3-4 hari, paling tidak akan ada 1 hari tambahan,” ujar Budi Karya di Denpasar pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Ia memperkirakan jika normalnya 17 juta wisatawan mengunjungi Nusa Penida atau Nusa Ceningan, setidaknya ada tambahan 5 juta kunjungan lainnya, sehingga akan ada penambahan penghasilan pula.

Selain itu, dampak dari adanya pembangunan adalah penyerapan tenaga kerja bagi warga lokal, ada multiplier effect yang tinggi menurutnya.

Dalam proses pembangunan ini, tak hanya Pelabuhan Sanur yang digarap, melainkan juga Pelabuhan Bias Munjul Nusa Ceningan dan Pelabuhan Sampalan Nusa Penida sekaligus.

Pelabuhan Sanur saat ini tengah memasuki 81 persen proses pengerjaan, Pelabuhan Bias Munjul 77 persen, sedangkan Pelabuhan Sampalan sudah selesai.

Menhub memperkirakan ketiga pelabuhan yang saling terhubung ini dapat mencapai final di bulan September, mengingat Presidensi G20 akan mencapai puncaknya pada November 2022.

Ia juga menuturkan agar infrastruktur ini dimanfaatkan maksimal saat sudah jadi.

“Direncanakan harus ada beberapa restoran dan kafe. Di Nusa Penida bahkan saya menganjurkan untuk mengadakan kegiatan kebudayaan seperti pelatihan menari, sehingga ini tidak sekadar monumen tapi punya fungsi komersial dan budaya,” lanjutnya.

Dengan itu maka Menhub berharap agar potensi wisata di Pelabuhan Sanur nantinya memberi banyak manfaat bagi Bali.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *