Harian Dewata

Masyarakat Diminta Manfaatkan BLT BBM Sebaik Mungkin

Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo mengajak masyarakat agar bisa memanfaatkan bantuan sosial (bansos), yang direalisasikan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo, secara produktif.

Nelson mengatakan realisasi bansos tersebut merupakan upaya Presiden Jokowi untuk menyejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, dia meminta peran masyarakat dalam pemanfaatan bansos sangat dibutuhkan.

“Saya mohon bansos digunakan dengan baik, dengan produktif. Nanti hasilnya bisa kita rasakan,” ujar Nelson dalam seminar bertajuk ‘Jaring Pengaman Sosial: Menakar Progresivitas Program Bantalan Sosial Pemerintahan Jokowi’, yang digelar di Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Kamis (29/9).

Nelson juga melihat, Presiden Jokowi sangat serius merealisasikan bantalan sosial di tengah melonjaknya harga-harga secara global.

Hal tersebut, lanjut Nelson, menjadi solusi jitu bagi masyarakat yang terdampak. “Bantalan sosial ini berbicara tentang kebutuhan masyarakat utama, masyarakat miskin. Ini luar biasa. Saya sudah sampaikan terkait beberapa jaminan sosial dari pemerintah. Ini sangat membantu apalagi kondisi covid, krisis ekonomi, inflasi dan lainnya,” jelasnya.

Pemerintahan mengalokasikan anggaran tambahan bantalan sosial senilai Rp 24,17 triliun untuk 20,65 juta kelompok keluarga penerima manfaat. Kebijakan tersebut salah satunya dialokasikan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Selain BLT, Presiden Jokowi juga akan memberikan bantuan bagi 16 juta pekerja yang berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan. Masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp 600 ribu.

Terakhir, Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar dua persen dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Bagi Hasil (DBH) pemerintah daerah diberikan kepada masyarakat dalam bentuk subsidi.

Bantuan subsidi tersebut akan diberikan bagi transportasi umum, ojek, hingga kalangan nelayan yang masuk dalam kategori miskin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *