Harian Dewata

Konsistensi Jokowi Tolak Penundaan Pemilu dan Jabatan Presiden 3 Periode

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara konsisten menolak penundaan pemilu, perpanjangan masa jabatan presiden, termasuk soal presiden tiga periode. Wacana ini memang menjadi polemik yang hangat dalam beberapa bulan terakhir. Sikap Jokowi penolakan yang disampaikan baik secara verbal sebagai Presiden maupun secara kebijakan sebagai lembaga eksekutif seharusnya membuat semua pihak tak perlu lagi hanyut pada isu ini.

Pada kenyataannya semua elemen bangsa mulai dari elite politik, pejabat pemerintahan, pengusaha hingga masyarakat sipil terlibat dalam polemik kedua wacana tersebut. Wacana ini diawali Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengusulkan Pemilu 2024 agar ditunda.

Dari rangkaian itu, maka jelas terlihat bahwa Presiden Joko Widodo sudah dengan konsisten mendukung pemilu dan pilkada dilaksanakan pada 2024. Jokowi juga tidak pernah membahas dengan jajaran kabinet terkait penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan tiga periode.

Jokowi sudah menegaskan akan taat dan tunduk pada konstitusi atau UUD 1945 soal masa jabatan presiden. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bahwa mandat yang diberikan rakyat kepada dirinya dan Jokowi hingga 2024.

Leave a Comment

Your email address will not be published.