Harian Dewata

Kepemimpinan dan Komunikasi Jokowi Berhasil Turunkan Angka Penyebaran Covid-19

Pakar strategi komunikasi publik Sony Subrata mengatakan, kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil dan teruji mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Sony melanjutkan, pemerintahan Presiden Jokowi juga mampu menciptakan keamanan baik di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi.

“Presiden Jokowi bisa menurunkan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia karena tiga hal. Pertama, kepemimpinannya yang kuat dan tegas. Sehingga instruksinya jelas dipahami, dari semua lini di pemerintah sampai ke semua masyarakat di daerah,” ungkap ujar Sony Subrata, dalam keterangannya, Rabu (25/08/2021) di Jakarta.

“Kedua, komunikasinya yang sangat baik dan simpatik. Presiden Jokowi tampil di semua media dengan jelas menyampaikan keputusan-keputusannya. Sehingga masyarakat bisa mendengar langsung. Ketiga, konsistensinya dalam memantau dan memeriksa semua pihak yang bertanggung jawab. Jadi, tidak ada pejabat yang bisa memberikan alasan macam-macam, karena Presiden memantau dengan rinci,” tambah Sony lagi.

Karena tiga hal inilah, kata Sony Subrata, Presiden Jokowi berhasil menurunkan lonjakan kasus dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dan ini harus diapresiasi banyak pihak. Sebab Sony juga melihat, semua instruksi-instruksi yang Presiden Jokowi berikan kepada para menteri dan kepala daerah bisa dengan cepat dilaksanakan.

“Ketika terjadi lonjakan kasus Covid-19, sejumlah negara sangat kewalahan untuk mengatur masyarakatnya agar mau disiplin dalam membatasi mobilitasnya. Bahkan banyak sekali demonstrasi besar-besaran terhadap pemerintah yang memberlakukan pengetatan pergerakan masyarakatnya. Sedangkan di Indonesia, tidak pernah terjadi. Hal ini menunjukkan bahwa instruksi Presiden Jokowi sangat mudah untuk dipahami,” ungkap Sony, lulusan komunikasi dari University of New South Wales di Sydney, Australia.

Lebih lanjut Sony menambahkan, keberhasilan kepemimpinan Presiden Jokowi juga terlihat dari hasil survei Indikator. Berdasarkan survei tersebut, keberhasilan Presiden Jokowi dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang menunjukan tingkat responden sangat puas dan cukup puas sebanyak 61,1 persen.

“Mayoritas masyarakat Indonesia sangat percaya dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini terlihat dari survei indikator yang menunjukkan 55,5 persen cukup puas dan 5,5 persen sangat puas terhadap pemerintah pusat atau rata-rata mencapai 61,1 persen,” tutup Sony Subrata yang mendukung strategi komunikasi Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo menuju kursi DKI-1.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *