Harian Dewata

Informasi Hoaks Masih Menjadi Hambatan Program Vaksinasi Booster

Masih maraknya informasi yang tidak benar terkait pemahaman vaksin Covid-19, menjadi hambatan bagi upaya mendorong cakupan vaksinasi booster (penguat) bagi kelompok masyarakat rentan. Karena itu, komunikasi risiko menjadi bagian penting dari penguatan keamanan dan ketahanan kesehatan nasional dalam melawan tantangan dapat menghambat program vaksinasi di masyarakat.

kelancaran kegiatan dan sasaran target vaksinasi Covid-19 dapat dipengaruhi oleh berita bohong atau hoaks seputar vaksinasi yang menyebar di masyarakat. Di lain pihak, vaksinasi menjadi sangat penting guna melindungi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya aman, seperti sekarang ini. informasi yang keliru apalagi hoaks sangat mempengaruhi capaian vaksin di masyarakat, terutama dalam program vaksinasi booster.

sejumlah informasi hoaks yang cenderung menyesatkan terkait dengan program vaksinasi sebagai bagian dari perlindungan terhadap risiko yang lebih buruk dari Covid-19. Misalnya, ketika mereka (masyarakat) tidak merasakan dampak dari Covid-19. Sehingga vaksinasi booster dianggap tidak teramat penting dan menganggap vaksin booster tidak penting dijadikan sebagai kebenaran pendapat. Informasi terkait dengan kehalalan vaksin yang masih diragukan di tengah masyarakat. Hal ini harus kita hadapi dengan cara yang tepat.

Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk melawan informasi hoaks terkait dengan vaksin, misalnya dengan menyajikan data dan fakta terkait hal- hal yang meminimalisir tingkat keparahan ketika tertular virus. Atau bisa juga menyajikan data dan fakta terkait angka kematian yang tinggi terhadap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *