Harian Dewata

Indonesia-Korsel Jajaki Penguatan Kerja Sama, Dari Sosmed hingga IKN Nusantara

Dubes RI untuk Republik Korea, Gandi Sulistiyanto melakukan pertemuan dengan Direktur Kerjasama Internasional Kakao di Pulau Jeju dalam rangka menjajaki kerja sama Indonesia-Korsel bidang ekonomi digital dan start up. 

Dalam pertemuan tersebut, Dubes RI menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial (medsos) terbesar yaitu 191,4 juta pengguna medsos per bulan Januari 2022.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Gandi mengatakan bahwa ada potensi besar untuk kolaborasi antara Kakao dengan pelaku ekonomi digital dan start up di Tanah Air.

Guna mengembangkan kerja sama skala luas, Dubes mengingatkan pentingnya mengawali kerjasama dengan memiliki mitra lokal di daerah-daerah wisata di Indonesia seperti Mandalika dan Labuan Bajo.

Dubes RI di Seoul menegaskan bahwa KBRI Seoul turut aktif untuk menjembatani dan mempertemukan pelaku usaha antara kedua negara, termasuk Kakao dengan mitra potensialnya di Indonesia. Adapun, Kakao Corporation merupakan pemilik dari berbagai anak perusahaan termasuk Kakao Talk, Kakao Bank dan Kakao Entertainment. Pada Maret 2022, laba bersih Kakao Corp tercatat sebesar 1.64 triliun Won dengan pengguna aktif Kakao Talk di dunia sebanyak 53 juta.

Bukan hanya kerja sama di bidang ekonomi digital dan perusahaan perintis atau start up, kerja sama Indonesia-Republik Korea juga diharapkan meningkat di megaproyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet berhadap pemerintah Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) terus meningkatkan kerja sama bilateral, terutama kerja sama yang berkaitan dengan rencana pembangunan IKN di Kalimantan Timur, dan program Presidensi Indonesia dalam G20. Berdasarkan catatannya, total nilai perdagangan Indonesia dengan Korsel di tahun 2021 sebesar US$18,47 miliar. Di tahun tersebut, nilai ekspor Indonesia ke Korsel US$8,98 miliar dan impor Indonesia dari Korsel US$9,42 miliar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.