Harian Dewata

IKN Nusantara Gagasan Presiden Jokowi Membangun Kota Smart City

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertumpu pada visi smart city, dengan tetap menjaga lingkungan, sosial dan memberi kemudahan serta dampak positif untuk masyarakat. Kehadiran IKN Nusantara berpotensi besar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk itu percepatan pembangunan IKN Nusantara menjadi hal mutlak yang sudah semestinya disegerakan Jokowi. Agar kemudian impian untuk mewujudkan smart city di Tanah Air bisa lebih cepat terlaksana. Dengan konsep visi yang diusung Jokowi, Mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII), Karman BM yakin IKN Nusantara akan menjadi simbol identitas bangsa Indonesia.

Kita akan membangun IKN yang benar-benar menunjukkan kebesaran bangsa Indonesia, mencerminkan identitas nasional, menjamin keberlanjutan sosial, ekonomi dan lingkungan, mewujudkan kota hutan, smart city, kota modern, dan berkelanjutan, serta memiliki standar internasional.

Dalam UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN mengenai Rencana Induk IKN, pembangunan dan pengembangan Kawasan IKN akan memadukan tiga konsep perkotaan yakni kota hutan, kota spons dan kota cerdas. Oleh karena itu prinsip dasar pengembangan Kawasan IKN akan memadukan tiga konsep perkotaan yaitu IKN sebagai kota hutan atau forest city, kota spons atau sponge city, dan kota cerdas atau smart city.

Pengembangan Kawasan IKN dan ketiga konsep perkotaan tidak dapat dilepaskan dari kota-kota mitra di sekitar IKN lainnya, dan tidak akan berhasil tanpa dukungan kota-kota di sekitarnya. Prinsip dasar pengembangan kawasan dalam IKN sendiri didasarkan pada delapan prinsip pembangunan IKN yang mengedepankan alam, teknologi dan keberlanjutan lingkungan. Perencanaan IKN dijalin dengan konsep berkelanjutan untuk menyeimbangkan ekologi alam, lingkungan terbangun dan sistem sosial secara harmonis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *