Harian Dewata

Fasilitas Layanan Kesehatan pada KTT G20

Guna mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia, Pemerintah menyediakan layanan kesehatan selama berlangsungnya KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022.

Fasilitas Kesehatan KTT G20 Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai melakukan persiapan untuk memberikan layanan kesehatan selama berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT). Berbagai fasilitas kesehatan disiapkan di hotel utama tempat penyelenggaraan KTT G20, Apurva Kempinski Bali serta seluruh hotel tempat para delegasi menginap.

Nantinya, ketika ada delegasi atau kejadian darurat yang membutuhkan layanan kesehatan, langsung akan dirujuk ke rumah sakit terdekat. Adapun tujuh RS Internasional dan daerah yang menjadi rujukan adalah RSUP IGN Ngurah, RSUD Bali Mandara, RS Universitas Udayana, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, RS Bhayangkara, dan RS Tk II Udayana.

Selain menyiapkan rumah sakit rujukan, Kementrian Kesehatan juga  menempatkan Mini-ICU di Apurva Kempinski, klinik kesehatan, dan tim mobile 24 jam. Mini ICU dibangun di Apurva dan 21 hotel tempat para delegasi menginap. Rinciannya 10 hotel di Nusa Dua, 3 hotel di Kuta, 3 di Tuban, 3 di Jimbaran, 1 di Sanur serta 1 hotel di daerah Uluwatu.

Terakhir, protokol kesehatan ketat diberlakukan selama persiapan hingga pelaksanaan KTT G20. Para delegasi sebelum berangkat telah diwajibkan memenuhi beberapa persyaratan, dengan aplikasi PeduliLindungi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *