Harian Dewata

Binda Bali Gelar Vaksinasi di Pelabuhan Gilimanuk, Ratusan PPDN Berhasil Tervaksin

Sesuai SE Kemenhub yang merujuk pada SE Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 21 Tahun 2022 tertanggal 8 Juli 2022 PPDN wajib memenuhi persyaratan dengan vaksin dosis III (booster). Badan Intelejen Negara (BIN) kembali melakukan vaksinasi masal, salah satunya dilaksanakan di Pelabuhan Gilimanuk.

Kali ini BIN Posda Jembrana bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana melakukan vaksinasi masal di pintu masuk Bali Pelabuhan Gilimanuk untuk menjaring masyarakat luar Bali. Dalam kegiatan tersebut BIN dan Dinkes berhasil memvaksin ratusan PPDN yang hendak keluar atau masuk Pulau Bali. Sabtu (16/07/2022)

BIN Posda Jembrana Lukman Hakim saat ditemui di sela-sela kegiatan vaksinasi tersebut, mengatakan, pihaknya hari ini melakukan vaksinasi Covid-19 di pintu keluar Pulau Bali yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jembrana, “hari ini kami sudah mulai melakukan vaksinasi masal di Gilimanuk, sasaranya itu PPDN,” ungkapnya.

Lukman juga menjelaskan, kegiatan vaksinasi masal di Pelabuhan Gilimanuk nantinya akan diselenggarakan hingga tanggal 08 Agustus 2022. “Vaksinasi di Pelabuhan Gilimanuk nantinya berlangsung selama 25 hari kedepan. Selain bekerjasama dengan Dinkes Jembrana, kami juga bekerjasama dengan PT. ASDP Kantor Kesehatan Pelabuhan serta Personel Pos TNI AL Gilimanuk,” paparnya.

Tujuan vaksinasi yang dilakukan di Pelabuhan Gilimanuk, lanjut Lukman, untuk membantu Pemerintah dalam percepatan vaksinasi sehingga terjadi Hedr Immunity (HI). “Selain itu juga merujuk pada SE Kemenhub yang mensyaratkan vaksin dosis ketiga atau booster PPDN, jadi selain meningkatkan perlindungan, langkah ini juga untuk mendorong program vaksinasi booster nasional,” ujarnya.

Sementara Kasi Penanggulangan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kabupaten Jembrana Ida Bagus Adnyana menjelaskan, untuk tenaga medis pihaknya menerjunkan vaksinator Puskesmas II Gilimanuk. “Kami menerjunkan 6 (enam) orang tenaga Vaksinator. Sesuai perintah Kadiskes Jembrana kami melaksanakan vasinasi di Pintu Masuk Pelabuhan Gilimanuk dan menyasar masyarakat yang hendak meninggalkan Bali. Total capaian vaksinasi sebanyak 128 dosis,” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *