Harian Dewata

Berbagai Ormas Dukung Penuh Pembangunan IKN

Organisasi masyarakat di Kalimantan Timur terus mendukung secara penuh adanya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dukungan tersebut memang sangatlah dibutuhkan karena kebermanfaatan dari pemindahan IKN sendiri sangat banyak untuk membawa Indonesia menjadi negara maju.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur mengajak kepada seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Paser untuk bisa terus melakukan dukungan secara penuh terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim yang digagas oleh Pemerintah RI supaya bisa mewujudkan adanya pemerataan pembangunan nasional.


Sekretaris Kesbangpol Kaltim, Sidik menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dengan sengaja diselenggarakan oleh pihak Kesbangpol dengan tujuan utama supaya bisa menyamakan persepsi diantara pemerintah dengan para Ormas dan juga termasuk agar terjadi penampungan sejumlah aspirasi yang disampaikan oleh Ormas kepada Pemerintah mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. 


Terlebih kegiatan tersebut juga untuk bisa mewadahi bagaimana dukungan penuh para masyarakat melalui Ormas di Kalimantan Timur terkait respon positif mereka mengenai pembangunan IKN yang juga sangat berdampak baik untuk pemulihan perekonomian nasional.
Sebagai informasi, pembangunan IKN sendiri mulai digencarkan oleh pemerintah semenjak ditetapkannya secara resmi Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. Pembangunan tersebut benar-benar mulai  difokuskan semenjak memasuki semester kedua pada tahun 2022 ini.


Beberapa pembangunan yang pertama kali menjadi prioritas dan terus difokuskan oleh pemerintah, diantaranya adalah pembangunan akses jalan. Hal tersebut sangat baik, karena nantinya mampu membantu adanya mobilisasi logistik yang berlalu-lalang datang dan pergi menuju ke lokasi pembangunan IKN.
Bukan hanya itu, namun dengan adanya pembangunan jalan, maka sekaligus mempermudah adanya penataan tanah. Penataan tersebut tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena akan disesuaikan dengan visi dan misi pembangunan IKN yang berkelanjutan, yakni supaya bisa terus memperhatikan aspek lingkungan.


Sidik menambahkan bahwa pembangunan IKN memang sangat memperhatikan bagaimana konsep infrastruktur yang hijau, kota cerdas atau smart city dengan memanfaatkan penggunaan teknologi paling mutakhir dalam seluruh kehidupan perkotaannya.
Lebih lanjut, Sekretaris Kesbangpol Kaltim tersebut menyatakan bahwa pembangunan IKN sendiri akan terus memperhatikan kota inovasi supaya terus terjadi pembaharuan, tidak seperti pada perencanaan Ibu Kota di Jakarta, karena memang sangat penting adanya pembaruan tersebut.


Pasalnya, jika konsep pembangunan masih sama menggunakan seperti yang ada di Jakarta, maka nasib IKN nantinya juga akan kurang lebih berakhir seperti di Jakarta, tatkala sudah ada banyak sekali pendatang dari segala polosok nusantara ke ibu kota tersebut, justru akan menjadi sangat sesak lingkungannya sehingga rawan terjadi banjir dan bencana alam lainnya akibat terlalu banyak penduduk menempatinya.
Inovasi yang terus dikembangkan dalam perencanaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga menurut Sidik supaya bisa terus memperhatikan seperti apa adanya kearifan lokal. Hal tersebut dikarenakan memang Indonesia sendiri memiliki banyak sekali latar belakang kebudayaan, yang mana semua kearifan lokal di dalamnya harus saling dihargai dan dihormati.


Justru kearifan lokal tersebut jika terus diwadahi dan dikembangkan, akan menjadi keunikan tersendiri bagi keberadaan IKN. Tatkala kearifan lokal tersebut diwadahi, maka IKN akan menjadi citra terbaik untuk wajah Indonesia dan mampu berunjuk gigi di mata dunia karena terdapat kebaharuan lain yang terdapat dalam IKN.


Selain itu, tentunya juga akan terus menyesuaikan dengan kebaharuan adanya infrastruktur dunia. Seluruh konsep yang diusung dalam pembangunan IKN sendiri, yang secara garis besar terus mengupayakan adanya kota yang ramah lingkungan dengan kota modern yang smart city.
Konsep-konsep tersebut sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh negara-negara maju di dunia, yang mana  Indonesia sendiri tidak ingin tertinggal oleh negara maju lainnya. Indonesia sebagai negara berkembang saat ini, bahkan akan terus mengembangkan segala kemampuannya supaya tidak tertinggal dengan negara maju lainnya.


Terkait dengan lokasi pembangunan IKN sendiri yang berada di lokasi Kalimantan Timur sendiri, menurut Sekretaris Kesbangpol Kaltim itu adalah karena Kalimantan Timur sendiri memang memiliki sifat yang sangat heterogen. Dengan heterogenitas yang dimiliki oleh provinsi tersebut, sehingga bahkan bisa dikatakan sangat layak sebagai miniatur dari keberagaman di Indonesia.


Dengan adanya fakta tersebut, memang pembangunan IKN di Kaltim sama sekali bukanlah sebuah hal yang salah dan justru menjadi hal yang sangat tepat untuk dilakukan. Untuk selanjutnya, seluruh masyarakat sendiri juga harus turut untuk mendukung  penuh dan menciptakan penjagaan akan situasi yang kondusif dalam rangka pembangunan IKN.


Dukungan penuh sangat wajib untuk dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam rangka suksesi pembangunan IKN. Bahkan organisasi masyarakat di Kalimantan Timur sendiri telah berkomitmen untuk bisa mendukung penuh adanya pembangunan tersebut karena di dalamnya berdampak sangat baik untuk kemajuan Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *