Harian Dewata

Berapa Kali Pencoblosan di Bilik Suara Pemilu 2024? Ini Penjelasannya

Pemilihan Umum (Pemilu 2024) segera berlangsung, pada tanggal 14 Februari 2024. Pemilih terdaftar dalam Pemilu 2024 dapat menggunakan hak suaranya pada hari pemungutan suara dengan melakukan pencoblosan di TPS (tempat pemungutan suara).

Pencoblosan dilakukan di bilik suara dengan mencoblos beberapa surat suara yang telah disediakan di TPS oleh petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum). Lantas, berapa kali pencoblosan di bilik suara?

Pemilu 2024 serentak adalah pemilihan umum untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu).

Pemilu 2024 adalah untuk mencoblos:

  1. Presiden dan Wakil Presiden
  2. Anggota DPR
  3. Anggota DPD
  4. Anggota DPRD Provinsi
  5. Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Namun sedikit berbeda dengan Pemilu di Provinsi DKI Jakarta yang menyelenggarakan pencoblosan untuk 4 jenis surat suara. Pemilu di DKI Jakarta untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, anggota DPD, dan anggota DPRD Provinsi.

Pemilu 2024 di DKI untuk mencoblos:

  1. Presiden dan Wakil Presiden
  2. Anggota DPR
  3. Anggota DPD
  4. Anggota DPRD Provinsi.

Berbeda lagi dengan penyelenggaraan Pemilu di luar negeri yang menyelenggarakan pencoblosan untuk 2 jenis Pemilu. Pemilu di luar negeri untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden dan untuk mencoblos anggota DPR RI saja.

Pemilu 2024 di Luar Negeri mencoblos:

  1. Presiden dan Wakil Presiden
  2. Anggota DPR.

Kenali Jenis dan Warna Surat Suara Pemilu

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 14 Tahun 2023, ada 5 jenis surat suara dengan 5 warna berbeda sesuai fungsinya. Berikut informasi warna dan fungsinya masing-masing untuk pencoblosan Pemilu 2024:

  1. Warna abu-abu: Surat suara untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden
  2. Warna merah: Surat suara untuk mencoblos anggota DPD
  3. Warna kuning: Surat suara untuk mencoblos anggota DPR
  4. Warna biru: Surat suara untuk mencoblos anggota DPRD Provinsi
  5. Warna hijau: Surat suara untuk mencoblos anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Sedangkan untuk surat suara pada TPS di Provinsi DKI Jakarta yang menyelenggarakan 4 jenis Pemilu disediakan sebanyak 4 jenis surat suara. Keempat jenis surat suara yang disediakan digunakan untuk pencoblosan berikut:

  1. Warna abu-abu: Surat suara untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden
  2. Warna merah: Surat suara untuk mencoblos anggota DPD
  3. Warna kuning: Surat suara untuk mencoblos anggota DPR
  4. Warna biru: Surat suara untuk mencoblos anggota DPRD Provinsi.

Adapun untuk surat suara pada TPS di Luar Negeri (TPSLN) disediakan sebanyak 2 jenis surat suara. Kedua jenis kotak suara yang disediakan di TPSLN saat hari pemungutan suara di luar negeri digunakan untuk pencoblosan berikut:

  1. Warna abu-abu: Surat suara untuk mencoblos Presiden dan Wakil Presiden
  2. Warna kuning: Surat suara untuk mencoblos anggota DPR.

Tata Cara Pencoblosan di Bilik Suara Pemilu

Pencoblosan Pemilu 2024 telah diatur melalui Pasal 353 Ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Berikut tata cara pencoblosan pada surat suara yang dilakukan pemilih saat berada di bilik suara TPS Pemilu 2024:

  • Mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusul dalam satu kotak pada surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden
  • Mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan/atau nama calon anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota untuk Pemilu anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota
  • Mencoblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon untuk Pemilu anggota DPD.

Setelah itu, pemilih yang telah melakukan pencoblosan pada kelima surat suara dapat memasukkan kelima surat suara yang telah tercoblos pada lima jenis kotak suara sesuai jenis dan warna surat suaranya.

Sebagai catatan, pemilih dapat melakukan pencoblosan TPS yang telah ditentukan (cek melalui Cek DPT Onine KPU) pada hari Rabu, 14 Februari 2024 pada pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *