Harian Dewata

ASEAN Summit 2023 Jadi Momentum UMKM Pertamina Menuju Pasar Global

PT Pertamina (Persero) mendorong UMKM binaannya menuju pasar global melalui partisipasi pada perhelatan Side Event SME’s HUB ASEAN SUMMIT di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), 9 – 13 Mei 2023

SME’s HUB ASEAN Summit merupakan side event ASEAN SUMMIT 2023 yang secara khusus menjadi ajang kegiatan bagi para pelaku UMKM untuk memamerkan karya kreatifnya sekaligus menjual produk unggulannya kepada para Delegasi ASEAN SUMMIT.

Pada forum bergengsi ini, Pertamina menghadirkan produk unggulan 8 UMKM di sektor craft dan produk unggulan 8 UMKM di sektor makanan yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Lombok Timur dan RB Klungkung, Bali, serta eksposure kegiatan CSR Pertamina.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, melalui SME’s HUB ASEAN Summit 2023 para UMKM mendapatkan semangat baru serta rasa percaya diri dan optimis bahwa peluang untuk bisa menembus pasar dunia semakin terbuka lebar.

Dia menambahkan SME’s HUB Summit merupakan momen yang tepat bagi pelaku UMKM untuk unjuk gigi dan memperkenalkan produk-produk mereka kepasar dunia sehingga mampu meningkatkan daya saing di pasar global.

“Perhelatan akbar ini menjadi momentum yang harus dimanfaatkan seluruh masyarakat, mengingat kegiatan yang dihelat di Daerah Pariwisata Super Prioritas ini bisa memberikan dampak positif tidak bagi para pelaku UMKM Binaan Pertamina,” tutur Fadjar dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

“Hal tersebut sejalan SDG’s 8, dimana perusahaan terus mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, secara intens melakukan pendampingan dan mendukung UMKM binaannya untuk memperluas pangsa pasar dengan membuktikan kualitas produk UMKM ke pasar internasional,” tambahnya.

Dalam kegiatan SME’s HUB ASEAN Summit, UMKM binaan Pertamina memperkenalkan berbagai produk unggulan seperti kerajinan mutiara, anyaman bambu, kain tenun, kerajinan tangan berbahan dasar goni, kipas lukis dan aneka produk makanan khas Lombok.

D’etnic Istana Mutiara Lombok hadir dengan produk unggulannya yang dipersiapkan untuk perhelatan KTT ASEAN 2023 ini dengan tetap memunculkan indentitasnya sebagai kerajinan bernuansa etnic.

Janual Aidi sebagai owner D’etnic Istana Mutiara Lombok telah mempersiapkan produknya jauh-jauh hari untuk event ini.

“Peminat mutiara di Asia Tenggara lumayan besar, buyer kami juga sekitar 70 persen berasal dari Asia Tenggara seperti Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia, ini merupakan ajang yang tidak boleh kami sia-siakan,” ujarnya.

Bertaburannya produk UMKM di Side Event perhelatan KTT ASEAN ke-42 ini diharapkan dapat memberikan kesan istimewa di hati para tamu kenegaraan maupun para wisatawan domestik dan mancanegara.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *